Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Healthy

Kaolin, Si Tanah Liat yang Setiap Hari Kita Pakai


Kaolin, Si Tanah Liat yang Setiap Hari Kita Pakai – Banyak hal yang ternyata belum semuanya mampu diketahui. Termasuk berbicara mengenai kaolin, si tanah liat yang setiap hari digunakan. Apa itu kaolin ? Mengapa banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari ? Manfaatnya apa untuk kita ? Banyak pertanyaan yang muncul mengenai kaolin. Kabarnya kaolin ini bisa ditemukan dalam kehidupan sehari – hari.

Merupakan jenis tanah liat atau tanah lempung yang berwarna cerah dan putih. Terutama setelah adanya proses. Kaolin memiliki partikel mineral yang berkerangka dasar mengkilat dan berdiameter kurang lebih 4 mikrometer. Kaolin jenis ini memiliki adanya butiran silika atau aluminum yang sangat halus. Bahkan bisa digunakan untuk berbagai produk atau peralatan rumah tangga. Maka tak heran bahwa kaolin ini sebenarnya bisa ditemukan di sekitar kita.

Mengenal Kaolin, Tanah Liat yang Digunakan Setiap Hari

Kaolin nanitnya bisa membentuk gumpalan keras jika mengering dan lengket jika terkena air atau dalam keadaan basah. Sifat dari kaolin sendiri juga ditentukan oleh jenis mineral yang ada misalnya jika disusun berdasarkan susunan lapisan silicon oxide dan aluminium oxide. Ada sifat elastis yang kuat terutama untuk jenis 2:1. Sifat ini bisa menjadikan kaolin memiliki kerutan atau pecah – pecah ketika kering.

Kaolin sebenarnya memiliki sifat penyerapan terhadap cairan. Kaolin bisa menyerap berbagai zat yang ada di sekitarnya bahkan bermanfaat untuk pembuatan beberapa peralatan rumah tangga seperti msialnya genteng dan perabotan lainnya. Sebagai bahan galian industri, kaolin bisa juga digunakan sebagai beberapa produk di berbagai industri. Seperti misalnya untuk bahan campuran. Kaolin bisa digunakan di industri getah, keramik bahkan cat. Lazimnya, penghilangnya menggunakan kaolin dalam bentuk serbuk yang dibungkus 40-50 kg.

Bagi yang belum mengetahui, kaolin merupakan tanah liat primer. Ada banyak yang memanfaatkan kaolin ini untuk berbagai peralatan. Untuk harganya sendiri memang tanah liat atau kaolin ini cukup tinggi. Ada tempat penjualan kaolin sendiri. Bagi mereka yang kenal dengan dunia industri akan mudah mengetahui apa itu kaolin.

Tidak berhenti sampai disitu, kaolin ini juga bisa dimanfaatkan sebagai isolator. Barang atau benda penghantar panas yang lambat. Kaolin ini adalah masa batuan yang tersusun dari adanya material dlempung serta kandungan besi rendah. Ada komposisi yang disertai beberapa mineral lainnya. Untuk proses kaloin ini terjadi dari adanya proses pelapukan dan hidrometal alterasi dalam batuan beku felspartik. Endapan dari kaolin juga terdiri dari dua macam.

Untuk mineral yang masuk dalam kelompok kaolin ini juga ada beberapa misalnya saja seperti kaolinit, nakrit, dikrit dan lain sebagainya. ada daya hantar panas yang rendah. Inilah alasan mengapa kaolin bisa digunakan sebagai benda isolator.

Dan tahukah anda bahwa daerah yang memiliki cadangan kaolin besar ada di Kalimantan Barat ? Bahkan wilayah lain seperti Kalimantan Selatan, Pulau Bangka dan Belitung menjadi penghasil kaolin juga. Ada banyak wilayah yang bisa dieksplor untuk mendapatkan kaolin.

Kegunaan kaolin lebih ke bahan pengisi atau filler, pelapis atau coater, barang – barang tahan api dalam kehidupan sehari – hari kita. Namun, kegunaan kaolin ini memang akan bergantung apda karakteristiknya. Sebab karakterisitik kaolin juga menentukan kualitasnya.

Inilah kaolin, tanah liat yang digunakan untuk berbagai wujud benda. Terutama untuk isolator, kaolin sangat bermanfaat. Indonesia memiliki banyak cadangan kaolin di beberapa wilayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib