Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Healthy

Manfaat Natrium Bikarbonat Untuk Kecantikan dan Efek Sampingnya



Natrium bikarbonat merupakan jenis obat antasida yang reaksinya bisa dikatakan cepat. Obat ini kerap dipakai untuk mengatasi metabolik asidosis, yaitu suatu keadaan dimana tubuh terdapat banyak asam.  Atau bisa juga untuk mengobati keracunan obat tertentu, serta untuk mengganti bikarbonat tubuh yang hilang dikarenakan mengalami diare berat.

Natrium bikarbonat sifatnya elektrolit. Itu maksudnya ia bekerja untuk menetralkan kelebihan asam yang ada di dalam darah.  Selain itu juga bisa bekerja menggantikan bikarbonat jika tubuh seseorang kehilangan bikarbonat yang cukup banyak.

Anda tidak dianjurkan mengonsumsi obat natrium bikarbonat jika Anda memiliki alergi pada  kandungan yang ada dalam natrium bikarbonat.  Lalu apabila Anda punya alkalosis atau asam dalam tubuh terlalu sedikit atau kadar kalsium dalam darah anda rendah.

Manfaat Natrium Bikarbonat

Natrium bikarbonat  juga memiliki banyak sekali manfaat.  Entah itu bermanfaat bagi kesehatan, untuk memelihara kecantikan kulit dan juga untuk membantu seseorang dalam menjaga kebersihan rumahnya. Berikut manfaat natrium bikarbonat untuk kecantikan.

1. Merawat kecantikan

Baking soda bisa dipakai untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa membuat pasta untuk mencampur satu sendok makan baking soda bersama air, lalu gosokkan pada kulit.

2. Menghilangkan jerawat

Manfaat natrium bikarbonat untuk wajah bisa dipakai untuk masker agar jerawat bisa hilang.  Untuk mengentalkan baking sida anda bisa memakai air hangat saja. Anda bisa mengoleskan pada kulit yang berjerawat, biarkan selama 10 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

Efek Samping Natrium Bikarbonat

Semua jenis obat medis memiliki efek samping untuk kesehatan, tanpa terkecuali obat natrium bikarbonat. Namun hal ini tidak dialami setiap orang. Apabila dipakai dalam dosis rendah, pada umumnya Anda tidak akan mengalami efek samping.

Penggunaan natrium bikarbonat untuk dijadiakn obat antasida sebaiknya sesuai dengan resep dokter dan hanya bisa dikonsumsi orang dewasa serta anak-anak yang usianya 12 tahun ke atas. Pemakaian natrium bikarbonat  bisa memicu efek samping jika dalam keadaan seperti  berikut ini;
·         Pada wanita hamil bisa menaikkan tekanan darah, lalu pada ibu yang menyusui tidak boleh mengkonsumsi natrium bikarbonat, kecuali dalam pengawasan dokter.
·         Pemakaian natrium bikarbonat sampai lebih dari 14 hari tidak diperbolehkan.
·         Untuk yang menderita gangguan ginjal, penyakit jantung, gangguan hati, gangguan pada saluran kemih, dan ada penyakit usus buntu.
·         Saat mengkonsumsi natrium bikarbonat kemudian timbul alergi seperti halnya perut kembung dan kram perut sebaiknya langsung hubungi dokter agar memperoleh penanganan medis.
·         Meskipun dinilai baik untuk mengtasi masalah kulit, untuk pemakaian natrium bikarbonat yang salah justru bisa membuat iritasi pada kulit Anda.
·         Sebaiknya anda jangan sampai menghirup Natrium bikarbonat, sebab bisa memunculkan masalah pada organ pernapasan Anda seperti hidung, tenggorkan, sampai ke organ paru-paru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib